Sambut Peringatan HUT Ke-77 RI Oleh Organ Pro Ganjar Kabupaten Malang, Fatimah : “Kami Menghayati Kemerdekaan Indonesia Sebagai Sebuah Bentuk Nasionalisme, Dan Kami Akan Terus Isi Dengan Tindakan Nyata Organ Pro Ganjar!

0
121
Hajah Fatimah Ketika Melakukan Penanaman Pertama Bibit Pohon Kelengkeng Di Areal Perkebunan Penduduk Desa di Kabupaten Malang

ArenaNews.id, -Malang- Kemerdekaan, yang memiliki kata dasar merdeka, memiliki makna dasar bebas, terlepas dari belenggu dan makna lainnya, menurut arti dasarnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, ada berbagai definisi atau arti dari kata merdeka. Pertama, merdeka dapat diartikan sebagai bebas dari belenggu, penjajahan, dan sebagainya. Arti kedua adalah tidak terkena, atau lepas dari berbagai tuntutan.

Kemerdekaan Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara, diperingati setiap tanggal 17 Agustus, dimana pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia secara resmi dan sah menjadi sebuah bangsa yang merdeka melalui proses dan pada puncaknya adalah dengan dibacakannya naskah teks Proklamasi Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Hajah Fatimah Ketika Melakukan Penanaman Pertama Bibit Pohon Kelengkeng Di Areal Perkebunan Penduduk Desa di Kabupaten Malang
Hajah Fatimah Ketika Melakukan Penanaman Pertama Bibit Pohon Kelengkeng Di Areal Perkebunan Penduduk Desa di Kabupaten Malang

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Relawan Pro Ganjar (ProGan) Kabupaten Malang terus melaksanakan kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan yang memiliki arti sumbangsih bagi negara Indonesia ini, yakni melalui sektor lingkungan.

Hajah Fatimah Ketika Melakukan Penanaman Pertama Bibit Pohon Kelengkeng Di Areal Perkebunan Penduduk Desa di Kabupaten Malang
Hajah Fatimah Ketika Melakukan Penanaman Pertama Bibit Pohon Kelengkeng Di Areal Perkebunan Penduduk Desa Pandan Sari Kecamatan Ngantang  Kabupaten Malang.

Agenda yang digelar berupa penghijauan kembali wilayah Kabupaten Malang, berupa penanaman bibit pohon yang bersifat serentak di sebuah wilayah Desa Pandan Sari, Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang ini, dilaksanakan di areal perkebunan penduduk desa tersebut ini dilakukan pada Senin, 15 Agustus 2022, sekira pukul 09:30-12:45 WIB.

Hajah Fatimah Ketika Melakukan Penanaman Pertama Bibit Pohon Kelengkeng Di Areal Perkebunan Penduduk Desa di Kabupaten Malang
Hajah Fatimah Ketika Melakukan Penanaman Pertama Bibit Pohon Kelengkeng Di Areal Perkebunan Penduduk Desa Pandan Sari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.

Acara yang diawali dengan dilakukannya doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sedikit kata sambutan dari ibu Hajah Fatimah, selaku Pengurus Organisasi relawan Pro Ganjar Kabupaten Malang dan diakhiri dengan penanaman bibit pohon kelengkeng di areal perkebunan kelengkeng milik penduduk desa sekitar.

Foto Bersama Beberapa Pengurus Dan Hajah Fatimah Seusai Penanaman Bibit Pohon Kelengkeng Di Lahan Perkebunan Penduduk Desa Di Kabupaten Malang
Foto Bersama Beberapa Pengurus Dan Hajah Fatimah Seusai Penanaman Bibit Pohon Kelengkeng di Desa Pandan Sari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.

Penanaman bibit pohon kelengkeng ini dihadiri sekira 40 orang baik pengurus maupun anggota relawan Pro Ganjar Kabupaten Malang.

“Penanaman bibit pohon kelengkeng ini, kami laksanakan dalam rangka turut memperingati dan memberikan apresiasi dan menumbuhkan semangat nasionalisme dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, dimana pada tanggal 17 Agustus 1945, seperti kita ketahui bersama, adalah hari yang merupakan tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia, dimana Proklamasi Kemerdekaan untuk pertama kalinya digagas, dibuat dan dibacakan oleh Bapak Ir. Soekarno didampingi oleh Bapak Muhammad Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI pertama yang notabene kita kenal sebagai Founding Fathers atau lebih kita pahami sebagai Bapak Bangsa Indonesia,” ujar Hajah Fatimah pada awak ArenaNews.id selepas penanaman bibit pohon kelengkeng di areal perkebunan penduduk desa tersebut.

“Kami, organ Pro Ganjar, adalah organisasi relawan Ganjar Pranowo, mengakui dan menganggap bahwasanya penanaman bibit pohon kelengkeng ini adalah sebagai bentuk kepedulian kami pada lingkungan hidup, dimana di Kabupaten Malang, terutama di beberapa desa, lahan penduduk desa sangat produktif dan mampu menghasilkan buah-buahan, sayur mayur dan hasil bumi lainnya yang mencukupi kebutuhan pangan bagi penduduk desa dan wilayah sekitar desa di Kabupaten Malang, dimana kelengkeng seperti yang kita ketahui, mempunyai rasa yang manis, kadar gula yang tidak terlalu tinggi, namun mampu memiliki beberapa khasiat bagi tubuh, dimana tujuan utama dari penanaman bibit pohon kelengkeng ini adalah sebuah bentuk peringatan kami, selaku organisasi relawan Ganjar Pranowo pada khususnya dan sebagai warga negara Indonesia pada umumnya, haruslah mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ini dengan aksi dan tindakan nyata, ya seperti kegiatan yang sekarang kami lakukan ini,” jelas Hajah Fatimah.

“Sebab sebagai warga negara Indonesia yang baik dan patuh pada hukum serta memahami arti pentingnya pelestarian lingkungan hidup, maka kami harus menjadikan momen seperti sekarang ini sebagai bentuk kepedulian dan aksi nyata kami bagi lingkungan hidup, terutama di bumi Indonesia ini, tempat kami dilahirkan dan hidup, mencari penghidupan dan menjadi warga negara Indonesia sebagai sebuah kesatuan yang tidak bisa terlepas dari kerangka berkehidupan berbangsa dan bernegara,” terang Hajah Fatimah.

“Pada akhirnya, kami sangat bersyukur masih diberikan kesempatan untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ini melalui aksi nyata penanaman bibit pohon kelengkeng ini, kami sadar mungkin ini bukan sesuatu yang bersifat massal dan besar-besaran, namun ke depan, akan ada program-program yang jelas dan terstruktur bagi wilayah Kabupaten Malang ini, dimana kami selaku organ relawan Ganjar Pranowo akan terus meningkatkan kapasitas kami sebagai organ relawan yang produktif dan peduli akan bangsa Indonesia,” ucap Hajah Fatimah.

“Kepada Presiden Jokowi, selaku Presiden RI, kami berpesan agar terus memimpin bangsa ini, dan akan mengawal beliau sebagai pemimpin dan Presiden RI hingga akhir masa kepresidenannya di tahun 2024, dan kami berharap bahwa bapak Ganjar Pranowo selaku sosok yang benar-benar memiliki rekam jejak yang baik dan benar dapat meneruskan langkah dan program beliau (Jokowi – red) sebagai calon presiden di tahun kontestasi politik 2024 dan kami harapkan dan dukung sebagai Presiden RI periode 2024-2029,” pungkas Hajah Fatimah pada Arenews.id.

(AYA/RED)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini