Lomba Sesaji Nusantara Sukses Digelar, Tara : “Alhamdulillah Saya Wakil Ketua KKI Kabupaten Malang Mewakili Lembaga Adat Desa Mangliawan Pakis Memenangkan Lomba Sesaji Nusantara”

0
241

ArenaNews.id, -Blitar- Sebelum acara puncak kirab Tumpeng Agung Nusantara “Gotong Royong” ke XI di Candi Palah Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, Lembaga Pelindung dan Pelestari Budaya Nusantara (LP2BN) pusat juga menggelar Lomba dan Festival Sesaji Nusantara.

Lomba sesaji Nusantara ini diikuti oleh paguyuban-paguyuban budaya yang berasal dari berbagai kota dan Kabupaten di Jawa timur. Salah satu peserta berasal dari Lembaga adat desa Mangliawan yang diwakilkan oleh Ibu Tara Dhwaraparahita Kencana, dimana beliau adalah wakil ketua Komunitas kain dan kebaya Indonesia (KKI) Kabupaten Malang yang sangat aktif dalam perjuangan perempuan untuk melestarikan kain dan kebaya sebagai warisan budaya Nusantara. Dalam lomba sesaji ini beliau membawa sesaji yang bertema sesaji dan cok bakal sedekah Bhumi.

Lomba Sesaji Nusantara merupakan rangkaian acara kirab Tumpeng Agung Nusantara “Gotong Royong” ke-XI yang puncak acaranya diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 27 Juni 2022 di Candi Penataran.


Hasil koordinasi panitia kemarin, Kirab Tumpeng Agung Nusantara “Gotong Royong” ke-XI rencananya bakal dihadiri Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua DPR RI Puan Maharani.
Hadir dalam acara KIRAB TUMPENG AGUNG NUSANTARA ke XI antara lain Bapak Totok Suryawan Soekarnoputra (Putra Bung Karno), Romo Djati Kusumo (budayawan MALANG), ketua LP2BN pusat (Ki Aris Sugito), dan masih banyak tamu undangan dari Dinas Provinsi Jatim.

Acara itu merupakan rangkaian dari Kirab Tumpeng Agung “Gotong Royong” ke-XI dalam rangka memperingati hari peresmian Candi Palah Penataran ke- 825 yang dilaksanakan hari Senin.
Keluar sebagai juara I Lomba Sesaji Nusantara adalah Ibu Tara Dhwaraparahita Kencana (mewakili Lembaga Adat Desa Mangliawan, kecamatan Pakis),
Juara ke 2 dimenangkan oleh LP2BN Tulungagung dan juara ke 3 dimenangkan oleh Wanita Srikandi himpunan Kelompok Tani Indonesia kota Malang.

“Alhamdulillah, saya memenangkan Lomba Sesaji Nusantara untuk tahun ini, semoga apa yang sudah saya persiapkan dan berbuah kemenangan pada KKI Kabupaten Malang adalah sebuah bukti sinerginya KKI Kabupaten Malang dan saya selalu mendoakan berbagai pihak yang telah merancang dan menyelenggarakan lomba kali ini dan juga peserta lomba untuk terus sukses dan dilindungi oleh Allah SWT,” pungkas Bunda Tara pada ArenaNews.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini