Konfirmasi Terkait Usulan Penggantian Pimpinan KPK, Sandri Rumanama : “Ada Baiknya Pensiunan Jendral Polisi Dan TNI Diajukan Sebagai Pengganti Lili Pintauli”

0
106

ArenaNews.id, -Jakarta- Kasus gratifikasi yang menjerat Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar menjadi soroton publik.

(Lili Pintauli, Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Foto Istimewa)

Menyikap hal ini kalangan aktivis mahasiswa dan praktisi kebijakan publik Sandri Rumanama meminta Presiden mempertimbangkan pensiunan Jendral harus jadi penggantinya.

(Sandri Rumanama, Alumni GMNI, Foto Istimewa)

“Ini sangat miris wakil ketua KPK menerima suap hanya sebatas tiket nonton Moto GP Mandalika, integritas lembaga super power ini dikemanakan, harusnya presiden mempertimbangkan pensiunan Jendral yang mengisi kekosongan ini”. Tutur Rumanama

Bukan tanpa alasan usulan yang disampaikan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ini.

Menurut Rumanama, pensiunan Jendral telah mapan secara ekonomi dan mapan secara mental untuk menduduki posisi sebagai pimpinan KPK dalam penindakan dan pemberantasan korupsi di negara ini.

Lanjutnya, tingkat mentalitas dan kedisiplinan seseorang dapat menjadi nilai dasar pembentuk karakter sekarang pimpinan dalam lembaga penegakan hukum dan hal itu tercerminkan pada jiwa teman-teman militer.

“Pensiunan Jendral Polisi & Tentara, jangan hanya dikasih jabatan staf ahli menteri, wakil menteri, deputi ataupun komisaris BUMN saja. Seharusnya mereka diberi tanggung jawab dalam menjaga tatanan bangsa dan iklim penegakan hukum serta moralitas aparatur negara ini,” ulasnya.

Ketika ditanya siapa yang bisa di usulkan?. Dia hanya menjawab ada beberapa nama namun soal pimpinan KPK adalah hak teman-teman di komisi III (tiga) dan Presiden bukan karena usulan rakyat.

” Ya itu sih gawe (tugas, -red-) para anggota DPR-RI khususnya komisi III DPR-RI dan Pak Presiden bukan urusan kita sebagai rakyat,” tegasnya.

Ia menilai ada beberapa sosok yang menurut dia mereka berintegritas, diantaranya Irjen. Pol.(Purn) Bambang Daroenorijo, Irjen. Pol. (Purn) Drs. Arman Depari, Irjen. Pol. (Purn) Drs. Raja Erizman, Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Deden Juhara, Komjen. Pol. (Purn.) Drs. Ari Dono Sukmanto, itu dari pensiunan polisi.

Kalau dari pensiunan TNI, Mayor Jenderal TNI (Purn.) Muhammad Bambang Taufik, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Anto Mukti Putranto, Mayor Jenderal TNI (Purn.) Eka Wiharsa, Mayor Jenderal TNI (Purn.) H. Surawahadi, Mayjen, TNI (Purn). H. Tatang Zainudin, dan masih banyak lain-nya.

Rumanama berharap masukannya jadi pertimbangan khusus agar ke depan kasus seperti ini agar tidak terulang kembali, dan lebih memperbaiki dan menyempurnakan citra dan kinerja KPK.

 

(AYA, Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini