KKI Kabupaten Malang Lakukan Serangkaian Prosesi Di Blitar Guna Menyambut Agenda Lomba Sesaji Nusantara, Ibu Citra Ning : “Mari Berdoa Untuk Founding Fathers Kita, Dan Juga Bersemangat Mengisi Bulan Bung Karno Menjelang Lomba Sesaji Nusantara!”

0
183

ArenaNews.id, -Blitar- Sejatinya, dalam menghargai dan memperingati seorang yang sudah tercatat pada sejarah suatu bangsa, yang notabene adalah Bapak Bangsa dari suatu negara, maka diperlukan adanya proses penghargaan yang dijadikan sebuah agenda khusus dan terbilang ‘keramat’, tergantung dari budaya dan tradisi adat istiadat yang ada di negara tersebut.

Akan halnya Bung Karno, sebagai Bapak Bangsa dan sudah dianggap sebagai Founding Fathers dari Republik Indonesia, maka adat istiadat dan tradisi leluhur yang acapkali dilakukan oleh masyarakat, terutama warga disekitar wilayah Blitar, tempat Bung Karno dimakamkan, biasanya diadakan nyekar dan penghormatan berupa doa-doa yang dipanjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, dimana seperti kita ketahui bersama, Ir. Soekarno adalah Presiden Republik Indonesia pertama, yang sangat dicintai oleh warganya di kala itu, yakni segenap lapisan rakyat dan seluruh warga negara Indonesia yang di kala itu mengagumi dan sangat menghormati Presiden Soekarno sebagai Presiden yang sangat mencintai warganya, terutama para rakyat kecil yang hidup pada zaman Bung Karno (Nama Sebutan untuk Ir. Soekarno sebagai Presiden RI pertama).

(Foto Bersama Ketua KKI Kabupaten Malang, Ketua KKI Kabupaten Blitar dan Ketua KKI Kota Blitar Pada Agenda Lomba Sesaji Nusantara)

 

Menyambut Bulan Bung Karno (lahir tanggal 6 Juni dan meninggal tanggal 21 Juni) dan juga untuk melakukan penghormatan kepada Ir. Soekarno dalam rangka mengikuti Lomba Sesaji Nusantara yang diikuti oleh kontestan dari KKI kabupaten Malang, yakni Ibu Tara, maka diadakanlah sejumlah agenda yang dimulai dari berkumpul di rumah ibu Tara yang mana titik kumpul pemberangkatan di rumah Ibu Tara, alamat Jl. Wendit utara, Desa Mangliawan, kecamatan Pakis, dan puncak acara adalah pada pukul 11.30 WIB, KKI Kabupaten Malang dan KKI kabupaten Blitar langsung menuju ke makam Bung Karno .

“Dari rombongan Kabupaten Malang yang ikut hadir di agenda Lomba Sesaji Nusantara ini, rombongan Kabupaten Malang turut langsung mengikuti nyekar dan doa bersama di Makam Bung Karno bersama dengan rombongan daerah lain, khususnya Kota dan Kabupaten Blitar dan keluarga besar KKI,” terang ibu Ketua DPC Kain dan Kebaya Kota Blitar sekaligus Ketua 1 Blitar, Sunik Andayani, pada ArenaNews.id.

“Agenda ini sangat penting bagi kami, karena agenda ini sangat memiliki filosofis yang tinggi, sebab Bung Karno adalah Presiden RI yang sangat dicintai warganya, sangat merakyat, dan memiliki Marwah dan sinergi yang jelas bagi NKRI, itulah sebabnya kami dari KKI Kabupaten Blitar dan juga KKI Kota Blitar turut menyemarakkan agenda Pra Lomba Sesaji Nusantara ini dengan serangkaian Agenda dengan tingkat kekhusyukan dan kerendahan hati yang sangat tinggi, yakni untuk menghormati Bung Karno, yang kita ketahui bersama adalah Bapak Proklamator dan Bapak Bangsa Republik Indonesia,” jelas Endah Purwatiningsih Ketua DPC KKI Kabupaten Malang pada ArenaNews.id.

“Kenapa pra? Karena meskipun Lomba Sesaji Nusantara adalah puncak Acara, namun demi menghormati kekhusyukan dan tingginya nilai filosofis leluhur yang terkandung dalam keseluruhan agenda Lomba Sesaji Nusantara ini, kami sangat mendahulukan kegiatan Kunjungan dan Doa Bersama di makam Bung Karno ini lebih diatas rangkaian acara utama yakni Lomba Sesajen Nusantara,” tambah Endah Purwatiningsih pada ArenaNews.id.

“Selain itu, kami juga sangat menghormati Bung Karno dan juga menganggap Lomba Sesajen Nusantara ini bukan hanya sebagai sebuah perayaan biasa, melainkan juga memiliki nilai keramat dan penuh makna yang mendalam, dikarenakan Lomba Sesaji Nusantara kali ini menjadi sebuah Perayaan tiap tahun di Blitar,” ungkap Endah Purwatiningsih, Ketua KKI Kabupaten Malang pada ArenaNews.id, ketika diwawancarai di tempat yang sama.

Bunda W. Tresnaningtyas, yang akrab dipanggil Citra Ning, dimana merupakan salah satu anggota rombongan yang berangkat dari rumah Ibu Tara, di mana ibu Tara adalah peserta Lomba Sesaji Nusantara mengaku sangat bangga dan berbahagia serta berantusiasme yang tinggi, kala turut menghadiri agenda Lomba Sesaji Nusantara yang diadakan di Blitar, pada 25 Juni 2022 kemarin.

“Saya sangat senang dan antusias ketika ikut bersama dengan rombongan yang berangkat dari rumah ibu Tara, dimana saya memahami bahwasanya Bulan Bung Karno harus dimaknai secara penuh filosofi yang tinggi dan juga secara pribadi saya sangat menghargai Bapak Bangsa Republik Indonesia, Sang Proklamator, Presiden RI pertama, yakni Ir. Soekarno, dimana kita tahu secara pasti bahwasanya bangsa Indonesia saat itu dibawah kepemimpinan beliau sangat merasakan sebuah kebersamaan berbangsa dan bernegara, mengalami sebuah persatuan dan kesatuan, dan juga mulai dikenal sebagai sebuah bangsa yang besar, sebuah NKRI yang satu dan jaya, di dalam negeri maupun di mata internasional, dimana cikal bakal keberadaan itu semua diinisiasi dan dibangun dengan kerja keras yang mumpuni dari seorang Bapak Proklamator, Ir Soekarno,” jelas Bu Citra Ning.

 “Semoga saja, apa yang dilakukan oleh KKI dalam menyambut Bulan Bung Karno yakni dengan melakukan agenda Lomba Sesaji Nusantara ini dirahmati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, agenda acara berlangsung dengan khidmat dan sukses, kemeriahan agenda ini tetap terjaga spirit dan esensi nasionalismenya, dan kami dari keluarga besar KKI pada umumnya dan KKI Kabupaten Malang pada khususnya menyelenggarakan kegiatan ini secara berkesinambungan,” tambah Citra Ning.

“Semoga ibu Tara dapat menjalankan dan mengikuti Lomba Sesaji Nusantara ini dengan sukses, dan saya berharap ibu Tara dapat memenangkan agenda ini, Amin Ya Rabbal Alamin,” pungkas ibu Citra Ning pada ArenaNews.id.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini