Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia  (HIPPI) Jakarta Selatan Dukung Pengusaha UMKM untuk Menjadikan Jakarta Sebagai Pusat Bisnis & Ekonomi Nasional Paska Perpindahan Ibukota

0
72
Ket.foto. (Kika): Andyka Surya, Cherry Tri Jariah, Jenny Yulia Yusuf, Adriana, Dessy Heriani.

 

Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia  (HIPPI) Jakarta Selatan Dukung Pengusaha UMKM untuk Menjadikan Jakarta Sebagai Pusat Bisnis & Ekonomi Nasional Paska Perpindahan Ibukota

 

Jakarta, Arenanews.id

 

 

“Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia  (HIPPI) Jakarta Selatan siap mendukung dan menggerakkan para pengusaha UMKM untuk menjadikan Jakarta sebagai pusat bisnis & ekonomi nasional paska perpindahan Ibukota. Peran para pengusaha UMKM dalam menggerakkan perekonomian di Jakarta sangat signifikan. Keterlibatan UMKM dalam menggerakkan dan meningkatkan  pertumbuhan ekonomi di Jakarta sangat besar. Para pengusaha UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UMKM memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jakarta, khususnya dalam menyerap  tenaga kerja yang banyak.

 

HIPPI Jakarta Selatan beranggotakan kurang lebih 300 orang, dari pengusaha besar hingga pengusaha menengah, kecil, UMKM yang berdomisili di Jakarta Selatan.

Saat ini HIPPI Jakarta Selatan lebih mensupport UMKM terutama di bidang makanan dan kerajinan. Juga bagi para UMKM yang bergabung dengan HIPPI juga merasakan manfaatnya, bisa lebih berkembang lagi dengan kolaborasi dengan pengusaha lainnya.’demikian disampaikan Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia  (HIPPI) Jakarta Selatan, Jenny M Yulia Yusuf, kepada para awak media yang mewawancarainya, di sela-sela acara Musyawarah Daerah IX Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia  (HIPPI) Provinsi DKI Jakarta, di Hotel Arya Duta, Jakarta (7/12/22).

Sektor bisnis yang berperan penting dalam proses pemulihan ekonomi adalah UMKM. Karena itu salah satu fokus program kerja HIPPPI Jakarta Selatan adalah pada pemberdayaan, mengupgradekan industri kecil menengah dan  UMKM dengan mengakselerasi transformasi digital.’pungkas Jenny M.  Yulia  Yusuf.

“Kami mengajak para pengusaha dari kecil, menengah hingga besar untuk bergabung dengan HIPPI untuk saling bersinergi, berjejaring dan berinovasi. Syarat untuk masuk HIPPI juga tidak mengkhususkan syarat tertentu, hanya menunjukkan usaha mereka seperti apa, bagaimana, agar bisa ditinjau dan dikembangkan. Gunanya agar bisa lebih sharing-sharing bagaimana usaha sejenis dan yang lain di pasaran. Yang paling maju saat ini adalah makanan. Beberapa kerajinan seperti tas, baju, jaket dll pun ada yang sudah diekspor ke Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Syarat kedua yaitu harus ber-ktp Indonesia, artinya berwarganegara Indonesia. Tidak memandang suku dan ras, misalnya keturunan arab tapi berktp Indonesia bisa tergabung dalam HIPPI.

Dan yang terakhir yaitu mempunyai identitas usaha, baik member umkm, cv dan pt.”ungkap Salah satu pengurus DPC HIPPI Jakarta Selatan, Dessy Heriani.

Terkait rencana perpindahan ibukota Jakarta ke Kalimantan Timur, Cherry Tri Jariah, menyatakan,”Bila Ibukota di pindah ke Kaltim, apapun keputusan pemerintah, HIPPI Jakarta Selatan akan mendukung. HIPPI tidak akan pasif, tidak tinggal diam, tetap akan berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha sana untuk masuk ke Jakarta dan sebaliknya.”

“Dalam menghadapi resesi di tahun 2023, HIPPI tetap optimis bahwa ekonomi Indonesia tidak melewati resesi, ekonomi kita tetap bagus, APBN juga masih bagus, dan “Jakarta masih tetap produktif. Himbauan HIPPI juga untuk masyarakat Indonesia tetap berkarya, hasil yang nyata, dan songsong tahun 2023 lebih baik” ujar Cherry Tri Jariah.

“Iklim usaha Indonesia tahun 2023 walaupun penuh tantangan, tapi dengan banyak peluang bisnis yang terbuka, kita pasti bisa melewatinya, dengan support dari HIPPI akan memberikan peluang untuk maju, dan resesi tahun 2023, akan sama saja, seperti kita pernah melewati di tahun-tahun sebelumnya. Paling penting adalah kedisiplinan kita dalam berusaha” ujar ibu Adriana.

Salah satu peengurus HIPPI Jakarta Selatan, Andyka Surya, menambahkan,”HIPPI mendorong kaum millennial untuk menggapai mimpi mereka dengan menjadi pengusaha.  Kami mendorong para generasi milenial untuk berani memulai atau membuka usaha sendiri. Ayo berwirausaha,  peluang menjadi lebih sukses terbuka lebar. Ayo, Kembangkan dan wujudkan semangat wirausaha! HIPPI merupakan wadah untuk membangun sinergi dan relasi bagi generasi Milenial untuk memulai dan mengembangkan usaha”

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini